RSS

Pengalaman diterima ekstensi FKM UI Part 1

Assalamualaikum WR. WB
Halo temen-temen :)
Kali ini aku bakal share pengalaman aku diterima sebagai mahasiswa baru di Fakultas Keshatan Masyarakat Universitas Indonesia tahun 2017
Langusng aja yaa

Aku udah nunggu ikut test simak ui untuk ekstensi dari tahun 2016. Tapi karena pada tahun tersebut aku belum punya surat keterangan lulus (apalagi ijazah) dan dikarenakan ketidaktahuan aku tentang jadwal pembukaan, akhirnya terpaksa nunggu 1 tahun buat ikut test ini.

Mungkin ada yang nanya. "Apa selama 1 tahun itu aku persiapan buat masuk ui aja?"
Ngga kok, selama 1 tahun itu aku full cari kerja dan ga belajar buat persiapan masuk ui (tapi cari-cari jadwal dan tanya ke dosen yang kuliah di ui jadwal dan peminatan apa aja yang bisa di ambil).
Aku baru belajar kira-kira 1 bulan sebelum test. Pokoknya saat mulai ada pendaftaran UI, aku langsung cari buku bekas SMA. Kebetulan aku juga punya buku soal masuk UI (belinya waktu SMA hahaha)

Pertama aku daftar itu aku bingung milih peminatan. "Loh kenapa ga bingung mikirin fakultas?". Karena aku dari kesehatan, ya mau gamau ambil jurusan kesehatan lagi, yaitu Kesehatan Masyarakat. (Sebenernya pengen sih ambil yang berbau komputer, cuma sayang dong D3 nya nanti ga kepake)
Akhirnya dari sekian banyak peminatan, aku bimbang antara Asuransi Keshatan dan Biostatistik.
Setelah dipikir masak-masak (sampai mateng wkwk) akhirnya aku pilih Asuransi Keshatan.
"loh kenapa pilih itu?". Karena tau diri ini ga pinter-pinter amat dalam urusan matematika yang terlalu rumit. Jadi, karena takut cuma jadi ngabisin duit orang tua doang. Akhirnya ambil lah Asuransi Kesehatan yang perkiraan awal gaakan terlalu banyak matematika rumit yg ngejelimet (semoga beneran ngga ya). Ya tapi namanya ilmu apapun kalo ga di pelajari sungguh-sungguh bakalan susah. Ye kan? :)

Setelah daftar dan bayar biaya pendaftaran (500rb), belajarlah aku selama sebulan dengan buku keramat yang dibeli waktu SMA

Tulisannya sih jurus kilat, tapi buat memahaminya gabisa kilat boss. Harus rajin, pantang menyerah, dan jangan males pahami cara-cara buat nyelesaiin soal. Aku sampai belajar sama adik loh (yang kebetulan udah SMA kelas 1) cuma biar aku inget-inget lagi cara nyelesaiin masalah matematika terutama tentang peluang. (udah belajar sampe ngelotok, ternyata gaada soal peluang yang keluar wkwk)
Intinya sih kalo matematika harus sering ngitung dan selesaiin soal sekecil apapun. Inget jangan sepelein soal gampang, nanti malah jadi boomerang buat diri sendiri.

Akhirnya tanggal 23 juli 2017. Hari ujian pun tiba. Sekeras apapun kamu berusaha kalo Alloh SWT ngga meridhoi, pasti bakalan gagal. Maka dari itu, jangan lupa minta ridho Alloh di setiap kegiatan, biar berkah hidup di dunia :)
Ikhtiar selama ini belajar dibantu dengan doa ke Alloh SWT, dan sekarang akhirnya perang melawan soal-soal. Tips buat kalian, kalau ngerjain soal yang teliti yaa. Mungkin karena aku orangnya terlalu penurut + kurang teliti juga, akhirnya ada soal yang terlewat. Gara-gara aku mikirnya soal part 1 udah kelar dan waktu kesisa masih banyak, jadi ga berani buka balik kertas (karena tiap part punya waktu masing-masing). Waktu yang banyak itu aku pakai buat ngecek takut ada yang salah jawabannya (menurut aku). Pas sepuluh menit terakhir, iseng pengen buka baliknya daaaaaaaaaaaaaan.
Astagfirulloh, ternyata di baliknya itu masih part yang sama. Dengan berusaha tenang selesaikan semuanya dalam waktu 10 menit (sisa 10 soal kira-kira). Akhirnya waktu habis dan 5 soal terakhir ga diisi (dari pada ngasal terus salah, malah ngurangin point).

Semua part selesai, ada juga di setiap part yang ga diisi (soalnya dari pada salah nanti ngurangin point hehe). Jadi HARUS TELITI yaa dan jangan terpengaruh dengan orang lain. Pasti lah saat selesai dan orang lain ngomong kalo mereka ngisi semuanya. Percaya diri aja yaa dengan hasil sendiri. Biarlah orang lain lembar jawabannya keisi semua, tapi kan kita gatau itu udah pasti bener atau belum. Percaya diri sambil selalu berdoa ke Alloh biar di lancarkan :)

Yang di ujikan :
TKD : 3 part sistem benar +4 salah -1 ga diisi 0
B. Inggris : usahakan diisi semua yaa, soalnya kalo salah ga ngurangin nilai kok (alhamdulillah bisa keisi semua bagian ini)

"Pengumumannya kapan?" Nanti yaa lanjut part selanjutnya
Makasih sudah mau meluangkan waktu membaca blog aku :)
Share a happiness :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 comments:

Unknown said...

halo
kira2 soal yg keluar gimana ya? aku tahun ini mau ikut simak ui juga ambil kesmas. trus yg ikut tes saat itu banyak ga? kira2 peluang kita diterima gede ga sih? hehe makasih

Unknown said...

Hai.. kira2 soalnya bagaimana yaa? Atau punya contoh soal buat belajar? Samakah dg ujian simak ui reguler?
Makasih 🤗

ridho said...
This comment has been removed by the author.

Post a Comment