RSS

Modul 7 Agama Islam

MODUL 7
1.      Jelaskan apa pengertian budaya akademik
Budaya akademik sebenarnya adalah budaya universal. Artinya, dimiliki oleh setiap orang yang melibatkan dirinya dalam aktivitas akademik. Derajat akademik tertinggi bagi seorang dosen adalah dicapainya kemampuan akademik pada tingkat guru besar (profesor). Sedangkan bagi mahasiswa adalah apabila ia mampu mencapai prestasi akademik yang setinggi-tingginya.

2.      Jelaskan apresisiasi/ penghargaan Al Qur’an Terhadap orang-orang yang berilmu (berbudaya akademik)
·         Syaithan bahkan lebih takut kepada orang yang berilmu dibandingkan orang yang hanya ahli ibadah.
·         Alloh meninggikan derajat orang yang berilmu
·         Manusia diberi kesempatan menjadi pemimpin/ khalifah serta lebih tingginya kedudukan manusia dari makhluk lain disebabkan karena ilmu yang dimiliki.
·         Untuk memperoleh petunjuk al-Qur’an bukan saja diperlukan ketaqwaan dan keimanan, melainkan juga ilmu pengetahuan.

3.      Terangkan tentang karakteristik orang yang berbudaya akademik menurut islam
Karakteristik orang tersebut adanya pemikiran pemikiran yang tidak picik dalam menyikapi berbagai problematik masyarakat pada umumnya dalam konteks pengamalan syariat islam.

4.      Jelaskan arti penting jujur sebagai bagian dari meningkatkan etos kerja dan meraih keberhasilan
Dengan adanya kejujuran, seseorang akan memahami bahwa setiap pekerjaan adalah amanah dan bagian dari ibadah. Kejujuran akan membuat orang percaya bahwa setiap pekerjaan selalu diawasi oleh Tuhan dan akan membuat pekerjaan itu dianggapnya sebagai rahmat dariNYA dan harus diterima tanpa mengeluh, tanpa syarat dan penuh integritas. Hal itu akan mendorong meningkatnya etos kerja yang positif dan membuka potensi bagi sebuah keberhasilan.

5.      Jelaskan makna sikap adil menurut islam
Makna sikap adil dalam islam adalah menempatkan segala sesuatu pada tempat yang semestinya dengan tidak memihak atau berat sebelah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment