RSS

Jawaban Soal Pendidikan Kewarganegaraan 1

1.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pendidikan Kewarganegaraan serta visi dan misi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi?
Pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan yang mengingatkan kita akan pentingnya nilai-nilai hak dan kewajinan suatu warga negara agar setiap hal yang di kerjakan sesuai dengan tujuan dan cita-cita bangsa dan tidak melenceng dari apa yang di harapkan.
Pendidikan kewarganegaraan di Perguruan Tinggi adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik dan menyiapkan sebagai patriot bangsa melalui PPBN (Pendidikan Pendahuluan Bela Negara.
Visi : merupakan sumber nilai dan pedoman dalam pengembangan dan penyelenggaraan program studi, guna mengantarkan mahasiswa mementapkan kepribadiannya sebagai manusia seutuhnya.
Misi : untuk membantu mahasiswa memantapkan kepribadiannya, agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai-nilai dasar Pancasila, rasa kebangsaan dan cinta tanah air dalam menguasai, menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan rasa tanggung jawab dan bermoral

2.     Hankamrata bertujuan untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara Republik Indonesia yang berdasarkan UUD 1945 dalam menghadapi ancaman dari luar dan dalam negeri, sebutkan sifat-sifat yang dimiliki sishankamrata?
·       Kerakyatan, yaitu keikutsertaan seluruh rakyat Indonesia sesuai kemampuan dan keahliannya
·       Kesemestaan, yaitu seluruh daya bangsa dan negara mampu memobilisasikan diri untuk menghadapi ATHG
·       Kewilayahan, yaitu setiap titik dalam wilayah RI merupakan tumpuan perlawanan

3.     Sebutkan perbedaan kedudukan, fungsi, dan tujuan wawasan nusantara?
·       Kedudukan
Wawasan Nusantara berkedudukan sebagai wawasan nasional yang kebenarannya diyakini oleh seluruh rakyat Indonesia agar tidak muncul penyimpangan dan/atau penyesatan yang menghalangi tercapainya cita-cita serta tujuan nasional
Kedudukan wawasan Nusantara dalam paradigma nasional
-        Berlandasarkan pada Pancasila sebagai ideologi dan falsafah bangsa dan negara Indonesia
-        Berlandaskan pada UUD 1945 sebagai konstitusi negara
-        Wawasan Nusantara dalam rupa visi nasional
-        Ketahanan nasional sebagia kebijakan dan konsepsi nasional
·       Fungsi
Wawasan Nusantara berfungsi sebagai rambu-rambu, dorongan, motivasi, dan pedoman bagi seluruh komponen bangsa dalam menentukan prbuatan, tindakan, keputusan, dan kebijaksaan bagi seluruh komponen bangsa, mulai dari penyelenggara negara hingga seluruh rakyat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
·       Tujuan
Wawasan Nusantara bertujuan mewujudkan rasa cinta tanah air yang tinggi dalam hati seluruh rakyat Indonesia di setiap aspek kehidupan sehingga seluruh rakyat dapat mementingkan kepentingan nasional di atas kepentingan pribadi dan kelompok, tanpa menghilangkan identitas mereka.

4.     Sebutkan dan jelaskan dengan singkat dan jelas syarat-syarat terbentuknya suatu negara?
a.      Adanya rakyat
Rakyatlah yang memiliki kepentingan mewujudkan cita-cita dan harapan negara. Tidak mungkin negara tanpa rakyat. Rakyat adalah sekumpulan manusia yang disatukan oleh suatu wilayah tertentu serta tunduk pada kekuasaan negara
b.     Adanya Wilayah
-        Daratan
Tempat bermukimnya warga atau penduduk suatu Negara. Wilayah daratan suatu Negara, mempunyai batas-batas tertentu yang diatur oleh hukum Negara dan perjanjian dengan Negara tetangga.
-        Lautan
Wilayah suatu Negara yang terdiri dari laut teritorial, zona tambahan, ZEE, dan landasan benua (kontinen).
Laut teritorial suatu Negara adalah batas sepanjang 12 mil laut diukur dari garis pantai. 
Zona tambahan yaitu 12 mil dari garis luar lautan teritorial atau sekitar 24 mil dari garis pantai suatu Negara.
ZEE atau Zona Ekonomi Eksklusif yaitu wilayah lautan sepanjang 200 mil laut diukur dari garis pantai.
Landasan benua adalah wilayah lautan yang terletak di luar teritorial, berjarak sekitar 200 mil laut diukur dari garis pantai yang meliputi dasar laut dan daerah dibawahnya.
-        Udara
Seluruh ruang yang berada di atas batas wilayah suatu Negara, baik daratan maupun lautan
-        Ekstrateritorial
Tempat di mana menurut hukum internasional diakui sebagai wilayah kekuasaan suatu Negara meskipun letaknya berada di Negara lain. Misalnya, kantor kedutaan besar Indonesia di luar negeri disebut sebagai wilayah ekstrateritorial Indonesia
c.      Adanya Pemerintahan yang Berdaulat
Pengertian pemerintah ada dua, arti luas dan arti sempit.
-        Arti luas, adalah keseluruhan badan pengurus negara dan segala organisasi negara.
-        Arti sempit, adalah suatu badan pimpinan yang terdiri atas seseorang atau beberapa orang
Jika rakyat telah  siap dan wilayah yang ditempati memungkinkan untuk bernaung, maka yang tidak kalah pentingnya ialah pembentukan pemerintahan. Pemerintahan terbagi atas tiga organ:
o   Badan pembuatan undang-undang (BPUU). Dimana organ ini mengatur hukum- hukum untuk Negara dan rakyatnya yang ditetapkan secara musyarawarah.
o   Pelaksana. Orang-orang yang menjalankan roda pemerintahan atau tombak negara alias para Pejabat kita.
o   Pengadilan. Ini bukan suatu badan yang asing bagi kita, tugas mereka menyeret orang- orang yang bermasalah, tapi anehnya mereka juga nimbrung bersama penjahat.

d.     Adanya Pengakuan dari Negara Lain
Bersifat De Jure karena melibatkan hak dan kewajiban anggota masyarakat internasional. Pengakuan secara de jure adalah pengakuan secara resmi berdasarkan hukum oleh negara lain dengan segala konsekuensinya.
Diberikan jika suatu Negara baru sudah  memenuhi unsur konstitutif dan juga telah Indonesia lahir secara de facto tanggal 17 Agustus saat proklamasi dan mendapat pengakuan de jure tanggal 18 Agustus saat disahkannya UUD 1945. Defacto diberikan jika suatu Negara baru sudah  memenuhi unsur konstitutif dan juga telah menunjukkan diri sebagai pemerintahan yang stabil. Pengakuan de facto adalah pengakuan tentang kenyataan (fakta) adanya suatu Negara.

5.     Mengapa tanas sangat diperlukan atau menjadi tuntunan hidup suatu bangsa?
Tannas, menjadi sangat diperlukan atau merupakan kebutuhan mutlak suatu bangsa untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa tersebut. Negara dan bangsa (Nation State) yang tidak mempunyai tannas cepat atau lambat akan menjadi bubar atau terpecah-pecah

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment